Senin, 20 Februari 2017

uji urin dengan benedict dan biuret

Pada saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium, urin seorang pasien ternyata ketika diuji dengan menggunakan indikator Benedict ternyata menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, dan ketika diuji dengan indikator biuret menunjukkan reaksi warna ungu.
Berdasarkan hal tersebut analisislah penyakit yang dialami oleh pasien dan bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan?

Jawaban :

Urine yang diberi benedict dan berubah menjadi warna merah bata menunjukan bahwa adanya gula di dalam urine (kencing manis) dan urine yang diberi larutan biuret dan berubah warna menjadi wrna ungu menunjukkan bahwa urine tersebut mengandung protein (albuminuria).
Bagian ginjal yang mengalami gangguan adalah glomerulus
Indikator benedict menunjukkan reaksi warna merah bata berarti urin mengandung glukosa/gula, sedangkan indikator biuret yg menunjukkan reaksi warna ungu berarti urine mengandung protein. Jika urin mengandung protein, berarti terjadi gangguan atau kerusakan ginjal pada glomerulus. Jika urin mengandung gula, berarti tubulus ginjal tidak menyerap kembali gula dengan sempurna. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada tubulus ginjal.


Hasil positif pada biuret ditunjukkan pada gambar di sebelah kiri


15 komentar:

  1. Padat singkat jelas. Ga kaya web lain. Rumit. Baguss ni

    BalasHapus
  2. Bagus, penjelasannya pdt benar. Singkat. Trims,

    BalasHapus
  3. Gimana cara mengatasi kerusakan di ginjal itu sodara , mohon penjelasan .

    BalasHapus
  4. Kalau setelah di tetesi biuret membentuk endapan putih itu gmna?

    BalasHapus
  5. Kalo biuretnya berubah menjadi berwarna biru muda, itu penderita apa kak, mohom di jawah

    BalasHapus
  6. Kalo warnanya jingga berarti urin mengandung apa?

    BalasHapus
  7. Itu diabates apa? Diabetes mellitus atau diabetes insipidus?

    BalasHapus
  8. Itu tubulus distal apa tubulus proksimal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tubukus proksimal/ tubulus kontortus proksimal deh kayanya soalnya kan kalo urinnya ternyata mengandung glukosa/gula berarti kerusakannya terdapat pada tubulus proksimal, karna pada tubulus proksimal itu kan terjadi proses reabsorpsi nah proses reabsorpsi ini kan penyerapan kembali nah di proses ini yang di serap itu banyak sih termasuk gula/gkukosa. semoga bermanfaat yaa

      Hapus
  9. terima kasih sangat bermanfaay

    BalasHapus
  10. Kalau urine tidak ada perubahan warna setelah diteteskan larutan biuret itu kenapa kak?berarti urine normal krn tidak mengandung protein??tolong jawabannya kak😊

    BalasHapus